Beli Mobil Impian dengan Gaji Pas-pasan? Ikuti Trik Ini, yuk!

Membeli kendaraan secara tunai tanpa cicilan memang menjadi pilihan bagi sebagian orang. Hanya saja, mengingat harga mobil tidaklah murah, layanan kredit pun tetap menjadi primadona bagi masyarakat yang belum mampu membelinya secara tunai. Terlebih sekarang ini sudah banyak perusahaan pembiayaan yang menawarkan program paket kredit pembiayaan Xpander dengan cicilan terjangkau.

Nah, untuk Anda yang ingin mengajukan kredit mobil namun memiliki gaji pas-pasan, ada cara mudah dan aman untuk menyiasatinya. Simak trik berikut ini, ya!

1. Pilih mobil yang pas.

Pertama, cari dulu apa mobil yang akan Anda beli dengan cara kredit. Pilihlah mobil yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda. Anda bisa memanfaatkan fasilitas simulasi kredit dari https://www.dipostar.com/id/simulasi-pembiayaan.htm untuk mengetahui gambaran pembayaran awal dan cicilan untuk berbagai jenis mobil.

2. Survei harga kendaraan.

Setelah menentukan beberapa pilihan, cek harganya dari satu dealer ke dealer lain, maupun perbandingan harga antar merek maupun antar model. Dari sini, Anda bisa temukan mobil yang harganya kira-kira sesuai kemampuan Anda.

3. Pilih sumber pembiayaan yang sesuai.

Kalau sudah menemukan mobil yang pas dengan harga yang tepat, pilih sumber pembiayaan untuk kredit mobil Anda. Di Indonesia, Anda bisa pilih antara bank atau perusahaan pembiayaan (multifinance), seperti Dipostar.

4. Siapkan uang muka (DP) dan biaya ekstra lainnya.

Siapkan DP sebesar minimal 30% dari harga mobil. Tapi, siapkan juga dana lebih untuk biaya lain yang dibutuhkan, seperti pengiriman dan lainnya. Selain itu, sebaiknya Anda bayar DP dengan dana Anda sendiri, ya! Hindari membayar DP dengan uang pinjaman untuk meringankan beban finansial Anda di kemudian hari.

5. Tenor di bawah umur ekonomis.

Memang benar bahwa makin panjang tenor kredit, makin ringan besar cicilannya. Tapi, sebaiknya pilih tenor tak lebih dari umur ekonomis mobil, atau maksimal 5 tahun. Sebab, mobil berusia di atas 5 tahun cenderung membutuhkan lebih banyak biaya untuk perawatan, bahkan jika Anda nantinya rutin merawat mobil sekalipun.

6. Pilih suku bunga yang pas.

Umumnya, kredit kendaraan menerapkan dua jenis suku bunga kredit, yaitu fixed rate (tetap) dan floating rate (mengambang). Pahami keduanya baik-baik agar Anda bisa menentukan mana suku bunga yang pas dan sesuai kemampuan finansial Anda.

7. Persyaratan kredit.

Satu hal yang juga perlu Anda perhatikan adalah persyaratan pengajuan kredit. Pilihlah yang persyaratannya memudahkan Anda, bahkan lebih bagus lagi jika agennya bersedia jemput bola dan membantu Anda mengurus pengajuan agar lebih hemat waktu dan tenaga.

Itulah tips mengatur keuangan agar Anda bisa membeli mobil secara kredit tanpa merasa terlilit utang dan cicilan Anda bisa terbayar lancar sampai lunas. Apalagi dengan pilihan opsi kredit yang ditawarkan Dipostar, Anda pun tak perlu takut menunggu terlalu lama untuk bisa membeli mobil idaman, kan?

Author: karim6000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *