Seberapa Pentingkah Jersey Klub Bagi Tim Dan Supporter

Jika kita melihat jersey dalam sebuah pertandingan, maka keberadaan jersey fungsinya adalah sebagai identitas klub. Dalam pertandingan sepakbola maka akan ada dua klub yang akan bertanding, untuk membedakan pemain sepakbola di kedua klub ini maka dibutuhkan jersey yang berbeda (terutama dalam hal warna).

Namun jika kita melihat keberadaan jersey dalam sebuah klub, maka Jersey Klub juga sebagai salah satu sumber pendapatan finansial klub. Jersey merupakan salah satu merchandise klub dan masuk dalam kategori pendapatan komersial.

https://jerseykita.com/

Bagaimana seorang suporter sepakbola dalam memaknai jersey?

Bagi suporter, elemen nyata sebagai sebuah pembeda dan identitas adalah Jersey Klub. Selain dipakai oleh pemain di lapangan jersey juga merupakan kebanggaan bagi penggemar klub itu. Jersey sudah seperti panji-panji yang harus dihormati dan dipertahankan sampai titik darah penghabisan. Itulah mengapa para suporter fanatik sepakbola begitu mengagungkan sebuah jersey.

Faktanya, Jersey bisa jadi sebuah alat untuk mengingat sejarah, pahit ataupun menyenangkan, dan jersey dapat dikoleksi oleh tukang becak hingga presiden sekalipun. Warna khas sebuah klub sepakbola diyakini sebagai petunjuk seperti halnya kitab suci. Dia sebagai pedoman dan pembimbing bagi berbagai macam perbedaan untuk bersatu membela sebuah klub. Orang berani beradu mulut hingga fisik dengan rivalnya hanya karena melecehkan warna dasar dari klub mereka.

Jersey sebagai merchandise akhirnya akan berujung pada sebuah bisnis, sebagai contoh yang tidak jauh dapat kita lihat di klub Tangerang Wolves (LPI), dengan memanfaatkan nama besar Kurniawan Dwi Julianto (34 tahun) yang dianggap memiliki banyak penggemar di tanah air dan merupakan salah satu striker terbaik di Indonesia. Klub ini (Wolves) berhasil menjual 120 potong replika kostum pemain bernomor 88 itu dengan harga per-potongnya Rp 200.000 selang beberapa waktu setelah pemain tersebut resmi diperkenalkan.

Namun berbeda jika kita berbicara sepakbola Eropa, harga jersey klub-klub sepakbola eropa jika dirupiahkan maka hasilnya akan sangat menguras isi dompet bahkan tabungan kita, karena jersey dari klub ini dinaungi oleh merk-merk yang ternama, sebut saja Nike (Inter Milan, Juventus, Barcelona, Manchester United, Arsenal), Adidas (Real Madrid, AC Milan, Chelsea, Liverpool, Bayern Munich), Umbro (Manchester City), Puma (Tottenham Hotspur) dengan harga jual sekitar Rp.800.000 per potong. Jika ingin menambahkan nama pemain dan nomor punggung, maka harganya akan bertambah lagi dengan kisaran Rp 20.000 per-huruf (Untuk itu jangan coba-coba pesan nama pemain bola seperti Jovanovic ,Ibrahimovic atau Ronaldinho, cukup Kuyt,Eto’o, Messi atau Adam saja).

Nah, ada yang seru, Kamu juga bisa memakai desain dari jersey klub kesayanganmu untuk dibuat menjadi jersey  custom dengan merubah nama klub sepakbola atau tim futsal baik sponsor depan, logo klub di dada, nama punggung dan lainnya. Jadi bisa tetap memakai jersey dengan model klub kesayangan dengan memodifikasi menjadi nama klubmu.

Saat ini ada banyak perusahaan jersey custom yang menerima order untuk bikin jersey. Salah satunya adalah jerseykita.com. Disana kamu bisa bikin jersey custom dengan model dan desain sesuka hatimu. Semoga bermanfaat 

Author: karim6000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *